Warga Desa Lebani, Luwu Terancam Aliran Listrik, Kemana PLN ?

489 Kali Dilihat
Warga Desa Lebani, Luwu Terancam Aliran Listrik, Kemana PLN ?

Belopa, Infosiar.com — Llistrik saat ini menjadi kebutuhan bagi mayoritas warga, baik untuk rumah tangga maupun usaha atau industri maupun perkantoran.

Namun keberadaan jaringan listrik yang telah masuk hingga kepelosok sekalipun, tentu keamanan warga harus tetap terjamin dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Seperti halnya yang dialami puluhan warga jalan Tani, Dusun Lebani, Kecamatan Belopa Utara, Kabupaten Luwu, Sulsel yang keamanannya setiap saat terancam.

Pasalnya, jaringan listrik yang ada di Dusun itu, hanya menggunakan tiang dari bambu sebagai penopang kabel.listrik PLN yang terkadang dijadikan sebagai mainan bagi sejumlah anak-anak warga yang ada di wilayah itu.

Bahayanya, taing bambu yang jadi penopang kabel listrik itu, sebagian kondisinya sudah lapuk termakan usia, sehingga ancaman setiap saat menfhantui warga.

Kepala Desa Lebani, Mappiati yang dikonfirmasi melalui pinselnya, Jumat )10/2/2023) mengatakan, masalah pergantian tiang listrik itu, sudah diajukan sejak tiga tahun lalu, namun belum direspon pihak PLN area Palopo.

“Setelah diajukan sejak 3 tahun lalu, pihak PLN telah melakukan survey, namun belum ada tindakan hingga saat ini,”ujar Kades Mappiati.

Menurut Mappiati, diwilayah itu terdapar 49 unit rumah yang ada dijalan Tani, Lario telah dialiri listrik PLN, namun tiang penopang kabel hanya menggunakan tiang bambu yang kondisinya juga sudah lapuk.

“Atas nama pemerintah desa dan masyarakat diwilayahnya, sangat berharap agar PLN area Palopo segera menindak lanjuti harapan warga sebelum jatuhnya korban,” harap Kades Mappiati yang turut diamini sejumlah warga lainnya. (Diah)