Waspada Perubahan Cuaca, Angin Kencang Rusak Rumah Warga di Sidrap

590 Kali Dilihat
Waspada Perubahan Cuaca, Angin Kencang Rusak Rumah Warga di Sidrap


Sidrap, Infosiar.com — Untuk beberapa hari kedepan, warga disejumlah daerah di Sulsel dihimbau untuk mewaspadai perubahan cauaca, terutama angin kencang disertai hujan deras.

Seperti halnya angin kencang yang terjadi di Kabupaten Sidrap, tepatnya di Kelurahan Lajonga, Kecamatan Panca Lautang, Kabupaten Sidrap, Sulsel, Sabtu kemarin (6/11/2021) sekitar pukul 17.00 Wita.

Dampak dari musibah tersebut, Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) kantor Badan Pemanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sidrap merilis sedikitnya 6 rumah warga mengalami kerusakan, 3 diantaranya rusak berat dan 3 rusak ringan.

Dalam.laporannya, Pusdalops BPBD menjelaskan, pada kejadian musibah angin kencang iti, tidak ada korban jiwa, namun kerugian materi yang diderita korban mencapai ratusan juta rupiah.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Sidrap, Hasanuddin mengatakan, hujan yang mengguyur dengan intensitas cukup tinggi disertai angin menjadi pemicu fenomena cuaca ini.

Dijelaskannya, BPBD Sidrap telah berkoordinasi dengan instansi terkait untuk melakukan kaji cepat dan memberikan penanganan terhadap korban terdampak. 

“Insya Allah, sebentar sore kita akan mendistribusikan bantuan berupa terpal untuk material sementara yang bisa digunakan untuk menutupi celah lubang di atap rumah yang rusak,”jelas Hasanuddin, Ahad (7/11/2021).

Ia menambahkan, tim BPBD Sidrap berserta tim gabungan lainnua akan berbaur dengan masyarakat melakukan perbaikan rumah warga yang rusak. 

Sementara itu, merujuk informasi prakiraan cuaca yang dikeluarkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Makassar, wilayah Sulsel, menjelaskan, pada hari ini, Ahad, (7/11/2021), cuaca pagi hari cerah berawan yang berpotensi hujan ringan di wilayah Luwu, Wajo dan Sidrap.

Sementara Siang/sore hari, hujan ringan di seluruh wilayah Sulawesi Selatan, kecuali hujan sedang di wilayah Masamba, Malili, Enrekang, Pinrang, Sidrap, Barru, Pangkep, Makassar, Gowa, Takalar.

Kemudian malam hari hujan ringan di seluruh wilayah Sulawesi Selatan, kecuali berawan di wilayah, Sidrap, Soppeng, Bulukumba, Selayar, Jeneponto, Bantaeng, Jeneponto.

Dini hari: berawan berpotensi hujan ringan di wilayah Masamba, Belopa, Palopo, Enrekang, Pinrang, Pare-pare, Wajo. Dan saat ini, suhu udara : 19 – 32°C, Kelembapan Udara : 70 – 95%. Angin : Timur – Tenggara / 10 – 35 km/jam.

Untuk peringatan dini waspada potensi hujan disertai petir/kilat dan angin kencang di wilayah Sulawesi Selatan bagian Barat dan Utara. (Diah)